Diberdayakan oleh Blogger.
Tag: ,

iTOP the open-source ITSM solution

Pada post kali ini saya akan men-share mengenai software yang opensource sebagai penunjang untuk proses ITSM
(IT Service Management), jika kantor agan sudah Implementasi ITMS / ter-sertifikasi ISO 20000 terkait dengan Service Management System.



Software ini berlisensi opensource jadi tidak usah khawatir terkait dengan lisensi dan agak mudah untuk di kustomisasi sesuai dengan proses bisnis yang ada di perusahaan agan-agan. ini bukan promosi dan saya tidak di bayar untuk mempromosikan software ini tapi yang sekedar mau share saja dan jika ada pertanyaan bisa meng-contact saya. muehehhe :D

Apa itu iTop CMDB ?

Aplikasi iTop merupakan aplikasi open sourced multi-client web portal, berbasis bahasa pemrograman PHP, yang dirancang mengikuti best practise  ITIL dan ITMS.

Entitas yang ada di iTop CMDB



Modul apa saja yang ada di aplikasi ini ?

1. Modul Configuration Management Database (CMDB) untuk mendokumentasikan dan mengelola inventori TI.
2. Modul Helpdesk untuk mengelola tiket permintaan layanan yang diberikan.
3. Modul Incident Management untuk mengelola dan melacak permasalahan terkait IT.
4. Modul Problem Management untuk pengelolaan penyelesaian isu / permasalahan yang berulang.
5. Modul Change Management untuk mengelola perencanaan perubahan pada sistem dan layanan TI.
6. Modul Service Management untuk mengelola layanan yang diberikan kepada pelanggan
7. Modul Data Administration untuk melakukan import dan export data
8. Modul Admin Tools untuk mengelola aplikasi iTop

Detail :
1. Modul CMDB
Modul Configuration Management berfungsi dalam pengelolaan pencatatan dan pemeliharaan dari seluruh komponen infrastruktur IT (aset IT, status aset, dan konfigurasinya) serta korelasinya antara satu dengan lainnya.
  Contoh Configuration Items :
  - Perangkat keras (PC,Router, Switch, Server)
  - Perangkat lunak (OS, Aplikasi)
  - Proses bisnis
  - Personil
  - lokasi

Gambaran antar relasi CMDB



modul ini sangat penting jika perusahaan agan tersetifikasi ISO 20000, Dikarenakan dengan relasi ini relasi antar CI inipun bisa saling terlihat dan standart mensyaratkan hal itu, relasi yang terjadi bukan hanya soal antar perangkat tetapi dalam relasi antara : service request,insiden,problem, dan tentunya change management.

2. Service Request Management

Modul Service Request berfungsi dalam proses penanganan permintaan layanan, dimana proses yang terpisah digunakan untuk memenuhi kebutuhan permintaan.
Contoh Service Request :
 - Layanan surat elektronik
    - Pembaharuan kuota email
    - Pembuatan Akun email
    - Pengaturan Ulang kata sandi
    - Penggantian nama akun
    - Penonaktifan akun


modul ini sangat mudah dikastemisasikan mengenai prosesnya mulai dari personil yang terlibat, proses eskalasi penyelesaian ticket, relasi dengan CI, relasi dengan service request sebelumnya, dan juga termasuk perhitungan mengenai SLA yang di berikan organisasi.

3. Incident Management

Insiden adalah sebuah kejadian yang bukan merupakan bagian dari operasi standar yang (mungkin) menyebabkan terhentinya atau menurunnya kualitas pelayanan.
Tujuan dari proses Incident Management adalah mengembalikan kualitas pelayanan secepat mungkin ketika insiden terjadi seperti sediakala, sehingga dapat meminimalisir gangguan terhadap pekerjaan user.
Contoh Insiden Management :
  - Layanan surat elektronik
     - Insiden Layanan Surat Elektronik


Modul ini berfungsi sebagai pengelolaan insiden tidak jauh berbeda dengan service request pada menu-menunya hanya saja proses penanganannya yang berbeda.

okey cukup 3 modul yang bisa saya share untuk selebihnya dapat mengunjungi halaman resminya iTop CMDB ini https://www.combodo.com/itop-193

Novian Nanda Purnama

Lahir di kota Kota Kecil bernama Kota Demak dan didik oleh kedua orang tua yang bijak,jujur,adil dan tentunya sangat baik membuat personalitas diri saya Insha Allah memiliki kepribadian yang adil,jujur dan bertanggung jawab dalam segala hal. Suka akan rivalitas dan tantangan menghadapi sesuatu yang baru, memiliki motivasi untuk terus belajar dan berkembang demi mengembangkan potensi diri guna suatu kemajuan umat dan bangsa.

3 komentar: