Diberdayakan oleh Blogger.
Tag:

Pendahuluan ISO 20000-1:2011

Yoo.....
Pada Tulisan bab I aku kali ini, aku mau coba repeu dari salah satu standart internasional yang di pakai dalam standarisasi manajemen layanan yaitu ISO 20000-1:2011 : Service Managamen System. Pertama-tama mari aku coba jelaskan terkait ISO :

  •  ISO merupakan kepanjangan dari International Organization For Standardization yang dikembangkan dan di terbitkan oleh beberapa organiasi internasional, beranggotakan badan standarisasi dari 165 negara dan berpusat di jenewa (swiss).
  • ISO berasal dari bahasa yunani "isos" yang artinya setara
 Mengapa ISO menjadi sebuah standart ???????

  • ISO Disusun berdasarkan masukan dan pengalaman implementasi good practices dari para ahli dan stakeholder yang terkait dengan standard tersebut
  • Ada 2 jenis standard sistem manajemen yang umum :
    - Requirements standards (kebutuhan terkait standart yang bisa digunakan untuk kegiatan sertifikasi)
    - Guidelines / guidance standards (berisi petunjuk/pedoman)

ISO 20000 ......?
  •  Terkait dengan Sistem Manajemen Layanan Teknologi Informasi.
  • Manajemen Layanan (ISO 20000-1:2011 Klausul 3.30): Sekelompok kemampuan dan proses untuk mengarahkan dan mengendalikan aktivitas dan sumber daya penyedia layanan dalam proses perancangan, transisi, delivery, dan peningkatan layanan dalam rangka memenuhi prasyarat layanan.
  • Sistem Manajemen Layanan (ISO 20000-1:2011 Klausul 3.31): Sistem manajemen untuk mengarahkan dan mengendalikan aktivitas manajemen layanan yang dilakukan oleh penyedia layanan.
 Apa itu ISO 20000-1 :2011 ?
  • Prasyarat untuk membangun, mengimplementasikan, mengoperasikan, memantau, meninjau, memelihara dan meningkatkan sebuah Sistem Manajemen Layanan TI. 
  • Prasyarat yang dimaksud mencakup proses perancangan, transisi, delivery, dan peningkatan layanan TI dalam rangka memenuhi prasyarat layanan.
Cakupan dari ISO 20000-1 :2011 bagi organisasi ?
  • bisa seluruh atau sebagian dari bidang yang menjalankan proses bisnis untuk menyediakan layanan kepada customers
  • untuk keperluan sertifikasi organisasi berhak menentukan ruang lingkupnya.
Fungsinya apa bagi suatu Organisasi yang menerapkan standart tersebut ?
  • Pengelolaan layanan yang di berikan kepada customer lebih terstruktur dan tertata dengan baik karena dalam standart tersebut organisasi di tuntut secara tidak langsung untuk dapat menerapkan best practise
  • Meningkatkan kreditibilitas dan citra perusahaan di mata customer
  • Tingkat Kepuasaan yang baik, dapat diperoleh dari cutomers
  • Konsistensi dalam pemberian layanan maupun produk.
  • DLL
 Sampai sini dulu yakkk... :D
next detail dari proses dan requirement yang ada dari ISO 20000

Novian Nanda Purnama

Lahir di kota Kota Kecil bernama Kota Demak dan didik oleh kedua orang tua yang bijak,jujur,adil dan tentunya sangat baik membuat personalitas diri saya Insha Allah memiliki kepribadian yang adil,jujur dan bertanggung jawab dalam segala hal. Suka akan rivalitas dan tantangan menghadapi sesuatu yang baru, memiliki motivasi untuk terus belajar dan berkembang demi mengembangkan potensi diri guna suatu kemajuan umat dan bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar