Diberdayakan oleh Blogger.
Tag:

penggilingan padi

Liburan pun tiba waktunya berlibur dan pulang ke kampoeng halaman dan pada hari pertama sampai rumah langsung di ajak ke tempat pengilinggan padi punyanya eyang yang sudah lama tidak terurus untuk itu pewarisnya wajib dunk untuk menjalankan roda kerja ini…walaupun masih belajar tentang bisnis ini sedikit-sedikit…..:D
Pada waktu pertama membuka gudang behhhh kayak rumah hantu banyak sekali jaring laba2 (sawang) yahh mau gimana lagi udah lama tidak dijalanin sihhh dan banyak sekali mesin2 yang pada rusak mungkin si eyang gag pernah untuk membetulkannnya dan yang penting bisa buat menggiling padi saja…. ^^


banyak jaring laba-laba karena tidak di bersihkan

Tenyata proses penggilangi padi menjadi beras itu prosesnya panjang maklum masih dengan mesin yang sangat kuno tapi orang-orang masih suka menggunakan ini dari pada menggunakan penggilinggan padi yang menggunakan mesin modern seperti sekarang.
Prosesnya itu


gambar padi atau gabah sebelum di bikin beras

- pertama padi yang mau di giling itu di peme atau bahasanya itu di jemur di lapangan seharian sampai kering dan ada orang yang mebolak balikkan agar padi tersebut kering dan tidak basah karena padi yang kering hasilnya akan bagus.


pekerja sedang menjemur padi biar kering

- Kedua padi yang kering tersebut akan dimasukkan ke dalam penggilingan padi yang masih kasar karena hanya melupas kulit luarnya saja yang masih terlihat kasar dan belum putih sepenuhnya.
Hal ini dilakukan dua kali penggilingan karena ingin membuat hasil yang bagus dan kulitnya itu di sebut dengan brambut yang digunakkan sebagai bahan pembuat batu bata.


mesin penggilingan kulit padi menjadi pur pakan ayam

- Ketiga padi yang sudah melupas kulitnya yang masih tampak kasar itu di giling lagi pada mesin penggilingan padi yang lembut sehingga padi yang tampak kasar itu akan kelihatan putih bersih seperti beras-beras yang kita akan makan tiap hari itu…..:)


mesin penggiling padi yang sudah halus biar lupas keseluruhan kulitnya


padi yang sudah menjadi beras...


beras siap di masukkan ke sak beras dan siap untuk di jual ke masyarakat

Kulit padi yang sudah lembut tersebut kemudian di guling lagi untuk di jadikan katul…ini sebagai makanan ternak seperti ayam,bebek, dan juga bisa menjadi makanan pokok manusia….
Menggigat susahnya beras di buat dan banyak menggunakan tenaga itu pun baru penggilingannya belum pembibitannya dan pemeliharannya maka dari itu kita harus habis kan sesuap nasi yang ada di piring makan kita jangan sampai yang tersisa karena itu mubazir dan kata orang jawa ntar ayamnya mati loh hehehehhehe…..^^


13 february 2011

Novian Nanda Purnama

Lahir di kota Kota Kecil bernama Kota Demak dan didik oleh kedua orang tua yang bijak,jujur,adil dan tentunya sangat baik membuat personalitas diri saya Insha Allah memiliki kepribadian yang adil,jujur dan bertanggung jawab dalam segala hal. Suka akan rivalitas dan tantangan menghadapi sesuatu yang baru, memiliki motivasi untuk terus belajar dan berkembang demi mengembangkan potensi diri guna suatu kemajuan umat dan bangsa.

0 komentar:

Poskan Komentar